• (0281) 633062 / 08112621213 Fax. (0281) 637100
  • rswk.purwokerto@yahoo.co.id

Cedera saat Olahraga

CEDERA OLAHRAGA

By dr. Khrisnanto Nugroho, SpOT

 

Olahraga merupakan kegiatan rutin yang wajib dikerjakan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Olahraga rutin minimal tiga kali dalam seminggu terbukti dapat membuat tubuh tetap fit dan sehat. Namun kenyataannya, tak jarang kita jumpai banyak diantara kita yang rutin berolahraga tidak lepas dari permasalahan cedera saat melakukan kegiatan olahraga.

Cedera olahraga biasanya disebabkan karena latihan fisik yang terlalu berlebihan, kurangnya pemanasan yang baik sebelum olahraga atau bisa juga karena benturan langsung, terjatuh atau salah posisi anggota tubuh saat berolahraga.

 Ada dua jenis cedera olahraga yang perlu dipahami yaitu cedera akut dan kronis. Cedera yang terjadi secara tiba-tiba, seperti pergelangan kaki terkilir yang disebabkan oleh pendaratan yang tidak tepat dikenal sebagai cedera akut. Sedangkan cedera kronis biasanya disebabkan karena penggunaan kelompok otot atau sendi yang berlebihan secara berulang (overused injury).

 Cedera olahraga yang umum adalah keseleo, kram otot, cedera lutut, otot bengkak, dan nyeri di sepanjang tulang kering, cedera rotator cuff (otot bahu), patah tulang dan dislokasi. 

 Tips pencegahan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kejadian cedera saat olahraga diantaranya sebagai berikut:

- Lakukan rutinitas pemanasan dan pendinginan yang tepat yaitu sebelum dan sesudah berolahraga.

- Minum secukupnya untuk menghindari tubuh jatuh pada kondisi dehidrasi saat berolahraga.

- Kenakan peralatan pelindung yang terpasang dengan benar, seperti helm, bantalan atau pelindung lutut, dan gunakan sepatu olahraga yang sesuai dengan jenis olahraga.

- Penuhi kebutuhan nutrisi dan istirahat yang cukup diantara sesi olahraga.

- Lakukan evaluasi atau monitor kesehatan dan kebugaran secara berkala untuk mengatur porsi latihan olahraga.

 Penatalaksanaan awal untuk cedera olahraga ditujukan untuk mengendalikan peradangan dan meningkatkan respons penyembuhan.

 Singkatan R.I.C.E. dapat digunakan sebagai panduan yang berguna untuk pertolongan pertama pada cedera akut.

 Rest (Istirahat): Batasi aktifitas fisik pada bagian tubuh yang cedera. Dapat menggunakan kruk, gendongan, atau bantuan lain untuk mengistirahatkan area cedera sepenuhnya.

 Ice (Es): Es atau kompres dingin sangat membantu mengendalikan pembengkakan dan peradangan, dan juga sangat membantu mengurangi rasa sakit.

 Compress (Kompresi): Kompresi atau balut tekan dapat dilakukan dengan membalut bagian tubuh yang cedera untuk mencegah pembengkakan lebih lanjut dan meminimalisir nyeri.

 Elevate (Meninggikan): Meninggikan atau mengangkat anggota gerak tubuh yang cedera juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

 Setelah masa penyembuhan awal, langkah selanjutnya yang dapat ditempuh jika kondisi pasca cedera tidak membaik adalah dengan berkonsultasi dengan Dokter maupun Dokter Spesialis untuk menentukan perawatan tambahan spesifik yang diperlukan sesuai cedera yang didapat.

Perawatan lanjutan untuk cedera olahraga bisa meliputi:

- Imobilisasi dengan bidai, gips, atau penyangga,

- Obat-obatan pereda nyeri,

- Suntikan penghilang rasa sakit,

- Rehabilitasi medis,

- Operasi.

 Jika anda mengalami cedera pada saat berolahraga, jangan sungkan, dan malu untuk mengkonsultasikannya kepada kami. Poliklinik orthopedi kami siap melayani anda dengan dokter orthopedi yang kompeten dibidangnya. Poliklinik orthopedi kami melayani pasien umum, BPJS, asuransi, dan anggota TNI. Mulai dari cedera ringan sampai dengan cedera tulang belakang. Poliklinik orthopedi kami buka setiap hari senin sampai dengan sabtu. Anda dapat melakukan pendaftaran online ataupun offline pada poliklinik orthopedic kami :

dr. Markus Wibowo, SpOT MARS

setiap Selasa dan kamis pukul 09.00 – selesai 

dr. Ayiq Mahmud, SpOT (K) Spine

setiap Selasa dan Jumat pukul 08.00 – selesai

dr. Khrisnanto Nugroho, SpOT

setiap Senin dan Rabu pukul 08.00 – selesai

dr. Nursuandy Indrajaya, SpOT

setiap Sabtu pukul 08.00 – selesai

  • Posting: Administrator
  • Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:57:53 WIB
  • 0
  • Dibaca: 98

0 Komentar

Tulis Komentar