• (0281) 633062 Fax. (0281) 637100
  • rswk.purwokerto@yahoo.co.id

Promosi Kesehatan Rumah Sakit Wijayakusuma Purwokerto

Promosi Kesehatan Rumah Sakit adalah program-program kesehatan yang dirancang untuk membawa perbaikan serta peningkatan derajat kesehatan di dalam masyarakat maupun dalam organisasi dan lingkungannya. Proses untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Selain itu, untuk mencapai derajat kesehatan yang sempurna, baik fisik, mental, dan sosial masyarakat harus mampu mengenal, mewujudkan aspirasinya, kebutuhannya, serta mampu mengubah atau mengatasi lingkungannya.

Di RS Wijayakusuma, program-program kesehatan tersebut dirancang secara khusus oleh Tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RS Wijayakusuma. Salah satu promosi kesehatan yang telah dilakukan adalah pemberian informasi atau pesan kesehatan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang kesehatan sehingga memudahkan terjadinya perilaku sehat. Dengan demikian juga akan tercapai lingkungan rumah sakit yang lebih baik.

TIM PKRS Wijayakusuma berupaya terus mengembangkan kegiatan promosi kesehatan yang salah satunya adalah kegiatan penyuluhan kepada masyarakat. Penyuluhan merupakan suatu usaha menyebarluaskan hal-hal yang baru agar masyarakat mau tertarik dan berminat untuk melaksanakannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penyuluhan juga merupakan suatu kegiatan mendidikkan sesuatu kepada masyarakat, memberi  pengetahuan, informasi-informasi, dan kemampuan-kemampuan  baru, agar dapat membentuk sikap dan berperilaku hidup menurut apa yang seharusnya.

Pelaksanaan PKRS telah dilakukan di dalam maupun di luar gedung Rumah Sakit Wijayakusuma Purwokerto, seperti Ruang Pendaftaran Rawat Inap dan  Rawat Jalan, Ruang Penunjang Medik, Pertemuan Purwakes, Arisan Persit. Tempat Parkir, Taman Rumah Sakit, Dinding Rumah Sakit, dan lain-lain.

Dengan berbagai bentuk kegiatan PKRS yang dilakukan ini, diharapkan pasien dapat merubah sikap dari tidak tahu menjadi tahu, dari tahu menjadi mau dan dari mau menjadi mampu melaksanakan perilaku – perilaku yang dikehendaki guna mengatasi masalah kesehatannya.

  • Posting: Administrator
  • Selasa, 04 Desember 2018 - 14:56:22 WIB
  • 0
  • Dibaca: 1

0 Komentar

Tulis Komentar